Sabtu, 29 Desember 2012

Tips dan Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

kepuasan pelanggan dan konsumen
Kehilangan seorang pelanggan setia (loyal) adalah hal buruk yang terjadi dalam bisnis. Apabila sampai pelanggan yang kecewa tersebut mencegah untuk tidak menggunakan atau memakai produk Anda. Alangkah sangat kecewa bukan?. Dan dampaknya akan membuat kepercayaan bisnis Anda berkurang.

Ingat, Membangun kepercayaan pelanggan itu lebih sulit dibandingkan merusak atau menodai kepercayaan pelanggan terhadap bisnis kita.

Kunci utama untuk mengurangi hal tersebut adalah membuat pelangfan Anda puas dan memberikan lebih dengan apa yang telah kita sepakati dengan layanan yang kita sediakan.


Berikut beberapa instruksi atau cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan:

  1. Tahu proposisi nilai Anda dan artikulasikan dengan jelas. Pelanggan akan puas oleh bisnis atau layanan yang tahu kualitas bisnis sendiri. Buat cara yang konsisten untuk mengartikulasikan bisnis Anda sehingga konsumen terlayani dengan baik.
  2. Sediakan layanan pelanggan yang sangat baik. Konsistensi dalam pelayanan adalah kunci untuk mengembangkan loyalitas. Buat sebuah layanan pelanggan yang bekerja untuk mempertahankan praktek yang baik untuk setiap pelanggan. Ini adalah kunci bahwa Anda memahami apa yang pelanggan butuhkan. Sehingga seakan - akan Anda berada disaat mereka benar - benar membutuhkan.
  3. Lakukan survei terhadap pelanggan Anda untuk mengetahui di mana terdapat ketidakpuasan. Buat rencana untuk mengakomodir umpan balik (feedback) dari pelanggan.
  4. Mengembangkan program-program loyalitas yang memotivasi pelanggan untuk membuat mereka datang kembali. Tawarkan diskon untuk pelanggan yang datang kembali untuk kedua kalinya. Kirim kupon kepada pelanggan untuk menarik mereka kembali. Terlepas dari strategi, terus menarik pelanggan Anda mengurangi kecenderungan mereka untuk membandingkan dengan kompetitor Anda. 
  5. Memberikan apa yang Anda janjikan. Ketahuilah apa saja yang Anda jamin. Janganlah menjamin sesuatu di luar kekuatan bisnis. Ingat, sesuaikan SDM dan kemampuan Anda dalam pelayanan.

2 komentar:

  1. oiya, dan juga biasakanlah untuk bisa dekat bersama para pelanggan..

    dan bentuklah komunitas, agar mana Anda dapat mengerti apa yang mereka butuhkan dan inginkan.

    BalasHapus
  2. tapi banyak juga pelanggan yang salah arti dengan perhatian kita ke mereka..

    BalasHapus